Ini Dia 5 Menu Berbuka yang Manis Legit Favorit Warga India

Jakarta - Warga India ternyata punya menu favorit yang manis legit untuk berbuka. Mulai dari menu tradisional seperti Khajla Peni hingga sepupu Umm Ali, Shahi Tukda.

Tidak hanya di Indonesia, negara lain juga punya sajian spesial Ramadan. Tak terkecuali, India. Ada banyak muslim yang menjalankan ibadah puasa di sana. Karenanya ada beragam menu andalan untuk berbuka. Kebanyakan merupakan hidangan penutup yang punya rasa manis. Seperti 5 hidangan penutup iyang jadi menu berbuka favorit wagra India ini menurut NDTV (24/5).

1. Shahi Tukda

Ini Dia 5 Menu Berbuka yang Manis Legit Favorit Warga India Foto: Instagram gautam107

Shahi tukda artinya 'sebuah gigitan kerajaan'. Bagi warga India, sajian manis ini memang punya rasa yang sangat lezat. Jadi wajar saja disebut gigitan kerajaan. Shahi Tukda serin disebut sepupu dessert Arab Saudi bernama Umm Ali.

Shahi Tukda terbuat dari potongan roti yang digoreng lalu diberi topping susu kental dan diberi taburan buah-buahan kering serta cincangan kacang pistachio. Ada aroma khas pada sajian ini karena pemberian kapulaga.

2. Phirni

Ini Dia 5 Menu Berbuka yang Manis Legit Favorit Warga India Foto: Istimewa

Hidangan penutup yang jadi favorit untuk berbuka ini berbentuk seperti bubur. Phirni terbuat dari susu dan tepung beras yang dibumbui kapulaga hijau, safron, dan air mawar. Kemudian diberi taburan cincangan buah kering dan kacang pistachio yang melimpah. Ada juga yang menambahkan kelopak bunga mawar sebagai topping sajian ini. Phirni ternyata salah satu menu wajib yang disiapkan warga Muslim India selama Ramadan hingga Idul Fitri.

3. Baklava

Foto: Instagram BoztoprakbaklavaFoto: Instagram Boztoprakbaklava

Pasti banyak yang sudah tahu tentang sajian yang satu ini. Hidangan penutup klasik asal Turki ini sangat memanjakan lidah warga India. Baklava terbuat dari lapisan phyllo pastry (kulit pastry khas Turki) yang diisi dengan simple syrup, madu, dan kacang pistachio cincang. Rasanya manis renyah dan memang pas untuk berbuka puasa.

Baca juga: Baklava dan Borek, Makanan Enak Khas Turki yang Patut Dicicip

4. Sheer Khurma

Ini Dia 5 Menu Berbuka yang Manis Legit Favorit Warga India Foto: Istimewa

Sheer Khurma atau Sheer Khorma artinya susu dengan kurma dalam bahasa Persia. Pudding lezat ini memang berasal dari Persia. Namun sangat terkenal di India, Pakistan, dan Bangladesh. Hidangan penutup ini terdiri dari puding bihun yang dimasak dengan susu, kurma, dan buah-buahan kering. Rasanya lembut manis. Selain di bulan Ramadan, hidangan ini juga dijadikan menu pas untuk Open House saat perayaan Idul Fitri.

5. Khajla Pheni

Foto: Instagram madhukar8Foto: Instagram madhukar8

Khajla Pheni merupakan hidangan pencuci mulut tradisional India yang jadi hidangan andalan selama bulan Ramadan. Kue ini terbuat dari tepung dan digoreng dalam ghee. Ghee sendiri bahasa India yang berarti lemak. Lemak yang dimaksud terbuat dari susu yang dipanaskan kemudian upanya diambil dan dipanaskan. Cara memakan Khajla juga cukup unik. Anda harus meremukannya dan mencampurkan remukan tadi ke dalam susu cair. Sama seperti memakan sereal.

Baca juga: Ghee Diprediksi Akan Jadi Superfood Tahun Ini, Padahal Bahan Makanan Kuno-1850127 (lus/odi)

0 Response to "Ini Dia 5 Menu Berbuka yang Manis Legit Favorit Warga India"

Posting Komentar