Makin Enak! Cukup Panaskan 5 Makanan Sisa Semalam Ini Buat Lauk Sahur

Jakarta - Menu makanan sahur pasti dipilih yang paling simpel dan mudah dibuat. Tapi kalau malas masak apapun, ada beberapa makanan yang makin enak kalau dihangatkan lagi.

Jangan langsung memutuskan untuk menyingkirkan opor, gulai atau rawon sisa semalam. Simpan saja dalam lemari es karena makanan-makanan ini bisa jadi lauk sahur yang enak.


1. Rendang

Makin Enak! Cukup Panaskan 5 Makanan Sisa Semalam Ini Buat Lauk SahurFoto: detikfood
Tidak salah menjadikan rendang sebagai stok makanan, apalagi selama bulan puasa. Olahan daging asal Minang ini makin dipanaskan makin mantap rasanya.

Hanya perlu beberapa menit buat memanaskan rendang dalam kukusan. Bahkan sisa bumbunya saja bisa dijadikan bumbu nasi goreng.

Baca juga : Olah Daging Sisa Jadi Lauk Kering Ini Agar Tahan Lama!

2. Gulai

Makin Enak! Cukup Panaskan 5 Makanan Sisa Semalam Ini Buat Lauk SahurFoto: dok. detikFood
Baik gulai ayam, sapi, kambing atau bahkan gulai telur bisa jadi hidangan sahur sedap. Jika masih ada sisa gulai semalam, coba simpan dalam lemari es.

Panaskan sesaat sebelum disantap. Kuah gulai yang makin mengental bikin gulai makin sedap. Bumbunya juga makin meresap sempurna pada daging atau telur. Asalkan saat malam jangan lupa disimpan dalam kulkas ya.

3. Opor

Makin Enak! Cukup Panaskan 5 Makanan Sisa Semalam Ini Buat Lauk SahurFoto: iStock
Gurih sedap kuah santan dan bumbu pada opor ayam, bisa jadi menu makan malam sekaligus menu sahur. Panaskan opor dengan api kecil dan biarkan mendidih secara perlahan.

Sama seperti gulai, sisa opor juga harus disimpan dalam lemari es. Pasalnya santan pada opor bisa membuat masakan ini cepat basi.

4. Rawon

Makin Enak! Cukup Panaskan 5 Makanan Sisa Semalam Ini Buat Lauk SahurFoto: detikFood
Hidangan berkuah hitam dengan bumbu kluwek ini memang enak dimakan bareng nasi hangat dan pelengkap telur asin. Makan sahur dengan menu rawon bukanlah hal yang aneh.

Jika masih ada sisa rawon semalam, simpan dan panaskan saat menjelang sahur. Jangan campur kecambahnya dulu saat disimpan supaya rasa rawon tetap terjaga.

Baca juga : Kering Tempe dan Serundeng, Lauk Kering yang Tahan Lama

5. Gudeg

Makin Enak! Cukup Panaskan 5 Makanan Sisa Semalam Ini Buat Lauk SahurFoto: Istimewa
Nah, makanan khas Yogyakarta ini juga dikenal awet dan tak muda basi. Gudeg bisa langsung disantap tanpa dipanaskan lagi. Tapi supaya makin menggugah selera, coba kukus gudeg sebentar agar hangat. Atau taruh di dalam kukusan rice cooker.

Dimakan dengan nasi putih dan sambal saja sudah bisa jadi lauk sahur. Makin lengkap jika ditambah lauk lain seperti ayam goreng. (sob/odi)

0 Response to "Makin Enak! Cukup Panaskan 5 Makanan Sisa Semalam Ini Buat Lauk Sahur"

Posting Komentar