Dengan Bantuan Nitrogen, Es Krim Siap Dinikmati Dalam Waktu 2 Menit

Pemakaian nitrogen dalam pembuatan es krim kini sedang tren. Dengan suhu rendah, es krimpun siap dinikmati dalam sekejap.

Di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya, es krim juga banyak yang diproses dengan menggunakan nitrogen cair untuk membekukan es dengan cara cepat.

Nitrogen cair merupakan nitrogen dalam wujud cairan bening yang memiliki suhu sangat rendah yaitu mendidih pada suhu -196 derajat celcius. Zat kimia ini dihasilkan secara industri dengan distilasi fraksional udara cair. Nitrogen cair sering disingkat LIN (liquid nitrogen).

Nitrogen pertama kali dibuat menjadi cair pada 15 April 1883. Penggunaan nitrogen cair di bidang kulinerpun sudah mulai dilakukan pada tahun 1890 yang terlihat dalam buku resep karangan Agnes Marshall yang berjudul Fancy Ices.

Dengan Bantuan Nitrogen, Es Krim Siap Dinikmati Dalam Waktu 2 MenitFoto: iStock/Eatanddrink/Egyptian Streets

Di tahun 2013, banyak kafe yang mulai mengikuti pembuatan es krim dengan menerapkan teknologi gastronomi molekuler ini.

Nitrogen cair berfungsi untuk mendinginkan makanan secara cepat seperti es krim. Cukup menuangkan nitrogen cair ke dalam adonan es krim yang sedang dikocok dan dalam waktu 2 menit tanpa dimasukkan ke dalam kulkas, es krim sudah jadi.

Terkesan agak seram karena menghasilkan asap tebal. Akan tetapi hasil es krim yang dibuat dengan nitrogen punya tekstur yang lembut. Karena kristal es yang dihasilkan lebih kecil daripada es krim yang dibuat dengan cara biasa.

Dengan Bantuan Nitrogen, Es Krim Siap Dinikmati Dalam Waktu 2 MenitFoto: iStock/Eatanddrink/Egyptian Streets

Dengan cepatnya waktu pendinginan dapat meminimalisir penggunaan gum, emulsifier dan bahan penstabil lainnya.

Meski terlihat mudah, nitrogen cair tidak boleh diperlakukan sembarangan. Anda perlu memakai sarung tangan sebelum bersinggungan dengan nitrogen cair. Pasalnya, nitrogen cair yang mengenai benda atau organ tubuh akan mengeras seperti batu. Karena suhunya ekstrem sehingga bisa sebabkan kerusakan lokal pada jaringan kulit, seperti cairan panas yang dapat membuat kulit melepuh.

Dengan Bantuan Nitrogen, Es Krim Siap Dinikmati Dalam Waktu 2 MenitFoto: iStock/Eatanddrink/Egyptian Streets

Kalau penasaran dengan rasanya, Anda bisa mampir ke beberapa gerai es krim ataupun dessert yang mengolah makanannya dengan nitrogen cair. Ada Lin Artisan Ice Cream, Ron's Laboratory, Freeze, hingga Martabakku Menteng yang menggunakan nitrogen cair dalam pembuatan es krim martabak.

(odi/msa)

0 Response to "Dengan Bantuan Nitrogen, Es Krim Siap Dinikmati Dalam Waktu 2 Menit"

Posting Komentar